Menulis Pendek di OPINI.id

Snapshot_2017-8-4_13-35-8

 

Bagi bloger atau yang suka nulis, biasanya pakai WordPress atau Blogspot buat nulis. Aku juga selama ini pakai WordPress buat review buku, drama korea/film, nulis cerpen atau flash fiction, atau posting hal-hal yang dirasa penting buat ditulis.

Nah, dua blogging platform tadi menyediakan halaman yang lebar sampai tak terhingga panjangnya buat nulis. Tapi gimana kalau kita pengen nulis yang pendek-pendek aja? Di Twitter terbatas cuma 140 karakter pun. Buat yang males nulis panjang, aku saranin nulis di OPINI.id. Gimana, sih, tampilan dan cara kerjanya? Yuk, bongkar-bongkar dikit isinya.

Snapshot_2017-8-4_12-35-8
Contoh cover depan

Setelah masuk ke situs OPINI.id, pilih create topic (buletan biru ada pensilnya). Muncul lah cover depan yang harus dikasih foto  dan judul. Setelah itu pilih next, terus muncul lah satu halaman buat head article. Biasanya aku nulis di situ buat pengantar poin-poin yang ada di depan nanti.

Snapshot_2017-8-4_12-36-50

Enaknya, kita nggak perlu panjang-panjang nulis. Cukup kasih aja poin-poin penting yang bakal nyambung ke halaman selanjutnya.

Snapshot_2017-8-4_12-41-42

Setelah klik next, muncul 3 options yang bisa kita pilih. Voice opinion buat masukin video, Create Article buat nulis biasa, dan Ask The Crowd buat bikin polling. Karena aku lebih ke nulis, jadi aku milih Create Article dong!

Snapshot_2017-8-4_12-42-11

Dan taraa! Inilah halaman buat nulis poin per poinnya. Add media kalau mau dikasih foto, kalau nggak juga nggak apa-apa tapi jadi polosan nanti. Tulis judul poinnya, baru nulis opini di bawahnya. Dengan batasan 150 karakter, kita nggak perlu sayang-sayang halaman gede dikosongin (kayak WordPress). Setelah kelar satu poin, klik panah ke kanan terus ulangi step-step tadi. Terus aja, deh, sampai apa yang mau kamu opinikan tuntas.

Dan bagi pencari views, OPINI.id cocok banget buat kamu karena…

Snapshot_2017-8-4_13-56-2
lihat views-nya? bwahahahahaha

Artikelku yang lain bisa dibaca diakunku di sini (eaaa), dan jangan lupa register dulu yak. OPINI.id juga ada Creator of The Week, lho. Gosip-gosipnya ada hadiahnya kalau kepilih. Ahsik! Tapi yang paling penting, sih, kita nggak perlu susah-susah nyari tempat nulis yang nyaman buat nulis pendek. Situsnya nggak berat baik buat web atau mobile, OPINI.id juga udah punya aplikasi buat yang pengen nulis via HP. Coba di-search aja di playstore atau googleplay, udah ada di sana.

Coba, yuk!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s