Goblin: The Lonely & Great God

“What does buckwheat flower means?”

“Lover”

c21gjgrucaaqzbk
Goblin

Akhir tahun 2016 kemarin, jagat drama land dihebohkan oleh satu judul drama baru yang tayang di satsiun TV kabel Korea Selatan yaitu tvN berjudul Goblin: The Lonely And Great God. Sebenernya dari awal kabar siapa-siapa aja yang main udah heboh, sih. Gong Yoo, yang udah lama nggak main drama dan sibuk di layar lebar, balik lagi. Kalau lupa siapa Gong Yoo, dia yang jadi bapak-bapak nyebelin di Train to Busan, tapi tetep ganteng. meski membuktikan ganteng doang nggak bakal bisa jadi antibodi kalau ada zombie iseng-iseng ngegigit. Dan tadaaa… jadilah zombie ganteng.

Terus apakah yang bisa bikin Gong Yoo balik lagi ke layar kecil? Tidak lain dan tidak bukan skrip Goblin ini yang ditulis Kim Eun-Sook. Tante Kim Eun-Sook ini kabarnya udah ngelobby Gong Yoo dari 5 tahunan lalu tapi tidak berhasil, saudara-saudara. Thanks for not giving up on him, writer-nim. *bow*

c15rvxgveaaewuf
Inuyasha, is that you?

Itu bisa jadi alasan kenapa kamu harus nonton Goblin: Gong Yoo! sebelum masuk ke cerita, Goblin ini manjain mata banget. Kualitas gambarnya ada di atas rata-rata drama lain. Episode pertama kalau dilihat malah kayak lagi nonton film.

Itu juga bisa jadi alasan kamu nonton Goblin: Its Cinematography!

cy350z1wiaa23h3
Quebec – Canada

Kurang?

cz-hqxwviaat0ec

Nah, mari mulai masuk ke cerita.

Spoiler alert! Kalau baru mau nonton dan nggak mau baca bocoran, stop baca sampai sini.

Lanjut? oke!

Premisnya kira-kira begini: Kim Shin ini jenderal perang yang nggak terkalahkan, meski raja merintahin dia pergi ke perang yang mustahil dimenangin, Kim Shin tetep menang. Raja–yang dijadiin boneka sama kasimnya, jadi iri karena lama-lama rakyatnya lebih hormat dan patuh sama Kim Shin ini. Di perang terakhir, Kim Shin diperintahin buat jangan balik lagi dari perang. Kalau ada yang dateng ya, itu kabar kematiannya. Tapi Kim Shin tetep balik dan raja anggap itu ngelawan perintah yang akhirnya dia dianggap pemberontak. Pemberontakan Kim Shin ini mengakibatkan semua keluarga dan orang-orangnya dibunuh, termasuk istri raja–ratunya, yang adalah adik Kim Shin sendiri. Kim Shin? Dia juga. Tapi dia terbunuh oleh pedang (yang dikasih raja), oleh salah satu tangan kanannya atas kemauan Kim Shin sendiri.

Setelah kematiannya, orang-orang yang loyal sama Kim Shin ini doa siang-malem buat dia, dan ajaibnya di sini. Kenapa? Kim Shin dengan pedang di dadanya, bangkit dari kematian! Kehidupan baru jadi Goblin yang immortal, nggak tua, nggak mati, kalau sedih jadi hujan, kalau seneng kembang-kembang pada mekar, dan bisa ngidupin orang yang udah meninggal. Ini bisa jadi hadiah, tapi juga hukuman karena selamanya dia bakal lihat orang-orang di sekitarnya meninggal dan nggak bakal bisa lupa. Kecuali pengantinnya (Goblin’s bride) nyabut pedang di dadanya, baru dia bisa meninggal dengan tenang. Setelah 900 tahun kehidupan immortal-nya, akhirnya Goblin ketemu dengan pengantinnya! Pengantinnya ini bisa manggil Goblin pakai niup api doang, dan bisa lewatin pintu ke mana saja-nya Goblin.

cywkd8juaae1ekx

Dari episode awal udah keliatan konfliknya. Raja-Goblin, Goblin-goblin’s bride, dan samar-samar raja-ratu. Keyword-nya adalah: reinkarnasi. Goblin/Kim Shin akhirnya balik ke Korea setelah 20 tahun, di jalan dia ketemu Grim Reaper (Lee Dong-Wook).

c0atsjtxuaeze9f

Alasan ketiga nonton Goblin: their bromance! berdua ini umurnya udah ratusan tahun tapi kelakuan kayak anak-anak PAUD. Berantem, akur, lempar-lemparan lada, sampai membasmi kejahatan bersama! (semoga anak-anak PAUD ada yang membasmi kejahatan juga). Nggak cuma berdua, keponakan Goblin–Deok-Hwa (Yook Sung-Jae) pun sama aja.

c2u0qtmxcaix5wq
Dumb, Dumber, & Dumbest

Setelah Grim Reaper, Goblin ketemu Ji Eun-Tak (Kim Go-Eun), missing soul yang lagi dicari-cari Grim Reaper. Eun-Tak ini 19 tahun lalu harusnya meninggal di dalam kandungan bareng ibunya yang ketabrak mobil, tapi diselamatkan Goblin. Jadi Eun-Tak ini harusnya nggak lahir.

Drama ini banyak bahas kehidupan dan kematian. Kim Eun-Sook ini duh entah ya, tapi plot sama plot twist-nya bener-bener bikin nganga. Aku tiap akhir episode sering banget teriak-teriak ‘DAEBAAKKK’ di twitter sampai pada bosen kayaknya yang baca. Nggak tahu cerita mau dibawa ke mana dan kejutan apa yang ada di depan.Makin maju makin diungkap siapa Goblin dan siapa Grim Reaper. Meski perkembangan karakter Goblin-EunTak rada lambat, tapi jadi lupa karena diisi sama gambar-ost-komedi yang baguuuss. Ibaratnya lagi nunggu kereta yang ditumpangi antre di Manggarai, tapi AC dingin, pemandangan di luar bagus, makanan tersedia, ditambah ada Srimulat lagi ngelawak. Nggak bakal berasa mau antre sejam juga.

Alasan keempat nonton Goblin: Puisi! Banyak kalimat-kalimat original dari skrip yang bagus dan dinarasikan kayak didongengin gitu,tapi juga ada puisi yang diambil dari buku tertentu.

c20rlojucaa1tec

Plus visual autumn di Kanada…

Soal cecintaan, selain Goblin-Euntak, Grim Reaper juga ketemu Sunny (Yoo In-Na) yang secara misterius bikin Grim Reaper nangis tanpa sebab.

c3atjtnwgaeinbv
“What do you like?”, Grim Reaper: “You”

Kisah cinta mereka ini tragedi. Terlebih pas tau mereka sebenernya siapa di kehidupan sebelumnya. Sunny yang sedang menjalani kehidupan ketiga–dari empat kehidupan, ternyata juga berhubungan erat sama Goblin dan Grim Reaper. *sobbing*

c2zoiqtwqaarr18

Goblin sendiri yang tadinya pengen banget mati, setelah ketemu eun-tak malah jadi pengen hidup lama. Di sini Samshin (God of child birth) bilang kalau Goblin pengen hidup, Eun-tak harus mati karena takdirnya emang buat nyabut pedang di dada Goblin, jadi kalau Goblin nggak mau ya Eun-Tak nggak punya tujuan buat hidup. Makin lama Goblin hidup, makin sering Eun-Tak dihadang kematian, bahkan Goblin sendiri pernah hampir nggak sengaja membahayakan hidup Eun-Tak ini. Dan Samshin minta Goblin aja yang mati karena dia udah hidup cukup lama sedang Eun-Tak baru hidup 19 tahun. Dilema.

c2fxxkyuuaahmex

“Meeting you was my life’s reward. Some day, we’ll meet again I will come as the first snowfall…”

 

Episode 13, adalah perfect ending buat Goblin. Kenapa? Pas sama premis. Goblin nyari pengantin buat nyabut pedang biar dia meninggal dengan tenang dan kembali ke ketiadaan. Siapin tisu buat episode ini, nangisnya Kim Go-Eun ini menyayat hati bener. Begitu lah harusnya Goblin berakhir. Kalau kamu mau nyocokin sama premis, stop nonton sampai di sini. 9,8/10 (nanggung amat yak).

Masih mau lanjut sampai episode 16? oke!

c2vhfjhuqaext9x

“There is no sadness that lasts for eternity. There is no love that lasts for eternity either.”

“There is”

“Which one?”

“A sad love?

Setelah pedang dicabut dari dada Goblin, nggak disangka Kim Shin malah terjebak di antara hidup dan mati. Dia pernah tanda tangan kontrak lucu-lucuan yang dulu dibikin Eun-Tak, yang ternyata bikin Kim Shin nggak bisa pergi gitu aja.

c2qz6htwqaatccs

Sementara Eun-Tak dan semua yang pernah kenal Kim Shin dihapus segala ingatan yang berhubungan dengannya oleh Tuhan, Kim Shin kekurung di padang es yang nggak ada batasnya dan dia cuma bisa jalan tanpa arah.

c2_qcgfwqaengdn
“On that dessert, he was so lonely that he sometimes walked backwards. He wanted to see the footsteps in front of him”

Mungkin 900 tahun hidupnya masih belum cukup kesepian sampai-sampai Tante Kim Eun-Sook nahan kepergian Kim Shin. Kim Shin ketahan di padang es selama 9 tahun sampai Eun-Tak niup lilin di saat salju pertama turun, tapi sayangnya Eun-Tak nggak inget dia. Lucu-lucuan dari nggak inget ke inget lagi ini kayak lucu-lucuan di awal-awal episode.

c20f4yzveaafdlr
“Because you’re always shining, because my first love is you, because today is a good day, will you be my bride?”

Sama kayak pilihan Kim Shin buat balik lagi ke kehidupannya yang immortal bareng Eun-Tak, pilihan sad love yang diambil keduanya nggak sampai di situ. Sad love macam nggak bisa bareng karena salah satu harus mati, ternyata nggak cukup sad buat Tante Kim Eun-Sook.

c3a4imjueauo7eg

Entah Eun-Tak Misiing soul atau bukan, dia itu manusia biasa jadi bisa ketemu kematian kapan aja. Di situ lah Kim Shin akhirnya ditinggal Eun-Tak dan hidup sendirian lagi. Tapi sama kayak sebelum Kim Shin pergi setelah pedangnya dicabut, Eun-Tak pun janji di kehidupan selanjutnya bakal nyari Kim Shin. Eun-Tak nggak mau minum teh yang bisa hapus memori di kehidupan sekarang dari Grim Reaper biar nggak lupa sama Kim Shin.

c2velyvwqaa8atp

Setelah Eun-Tak pergi ke afterlife, Grim Reaper & Sunny pun ikut pergi. Mereka semua reinkarnasi di tempat terpisah, Grim Reaper & Sunny ketemu lagi tapi tanpa ingatan apapun dari kehidupan sebelumnya. Sedang Eun-Tak, seperti janjinya, she runs to Kim Shin first. Mereka ketemu lagi.

c21x6psviaaky6e
happy ending

Dibilang happy ending, iya. Mereka akhirnya bareng lagi. Sad ending, juga iya. Karena di sini Kim Shin harus nunggu Eun-Tak reinkarnasi (yang entah kapan), dia sendiri nggak bisa mati, jadi sebenar-benarnya kesepian memang. Terus gimana kalau Eun-Tak udah sampai di kehidupan yang keempat di mana dia nggak reinkarnasi lagi?  Ganteng doang juga nggak bisa bikin rasa sepi ilang.

By the way, Goblin bikin dua kata ini berasa banget magisnya. Mak nyes gitu.

“Na do (me too).”

c3adqwuxeaemb6j
aaaakk! *rest in happiness*

-R-

Advertisements

3 thoughts on “Goblin: The Lonely & Great God

  1. mau tanya dong min, aku tu bingung ji eun tak reinkarnasi dari siapa sih? di episode 10 kalo ga salah pas eun tak lulus , kata goblin dia ketemu cinta pertamanaya pada era goryeo dan itu adalah seorang ahjuma pelayan.. masak eun tak reinkarnasi dari dia?

    • jadi, goblin ini kan bisa liat masa depan. terus pas dia liat pelayan di era joseon itu, goblin bisa liat masa depannya. nah, di masa depan pelayan itu ada euntak. euntak itu bukan reinkarnasi dari siapa-siapa, pas ketemu goblin itu hidup pertamanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s