[bookshow] Maryam dan Ilustrasi Penokohan

IMG-20160316-WA0012

 

Setelah launching di akhir bulan Januari, di tanggal 20 Maret lalu akhirnya diadakan juga bookshow-nya. Apa aja, sih, kegiatannya? Yuk, coba kita simak!

Bertempat di Tomyam Kelapa, tepatnya di Jalan Sulawesi Barat RT. 08/011 (Villa Bintaro Indah, pas di pintu masuknya) Jombang, Ciputat, yang mana adalah markasku sendiri di Tangerang Selatan. *eaa* , bookshow dimulai pukul 14.00 WIB. Agendanya adalah membahas ilustrasi dan penokohan yang ada di buku kumcer Hilangnya Maryam dan Perkara-perkara Lain.

Jpeg
tomyam kelapa yang terkenal ituh!
IMG-20160320-WA0010
baru dateng langsung makan, demi perdamaian dunia!

Selain itu, ada juga lomba live tweet yang berhadiah novel O-nya Eka Kurniawan, dan jangan lupa bookswap! Aku berangkat dengan dua kardus buku kiriman dari Fiksimetropop khusus untuk acara bookshow ini.

6d57a3ca8753dbf766a1f02b86e69c77
buku dari Fiksimetropop di meja bookswap

Pembicaranya pun nggak main-main. Di ilustrasi, ada Dy Lunaly, penulis yang juga illustrator sampul dan 12 ilustrasi lain di dalam buku itu sendiri. Dari penokohan, ada Pringadi Abdi Surya, penulis dan juga editor di penerbit Exchange. Perserta udah, pembicara udah, panitia/(sebagian) penulisnya juga udah stand by.

Dimulai dari membicarakan ilustrasi, Dy Lunaly tampaknya mengalami sedikit kesulitan karena saat penulis menggambarkan isi cerpennya, ada yang terlalu detail dan juga terlalu umum.
Ada juga yang berkali-kali revisi karena menurut penulisnya belum pas dengan apa yang ada di kepalanya. Ketika ditanya, ilustrasi mana yang paling memuaskan, Dy menyebut warna nila dan hitam. Warna nila digambarkan perempuan bergaun bunga, sesuai dengan permintaan penulis. Sedang warna hitam karena Dy sendiri suka yang berbau-bau psikologi, jadi ilustrasi dua wajah warna hitam terasa istimewa.

Jpeg
Dy Lunaly membahas ilustrasi dengan Danis Syamra

Di sesi topik penokohan, Pringadi Abdi Surya menjelaskan bagaimana membangun tokoh di dalam tulisan. Penokohan yang kuat itu sangat penting agar alur cerita menjadi lebih menarik dan pesan di dalam ceritanya tersampaikan, begitu Pringadi menjelaskan. Ketika menulis, awali dengan detail karakter. Karakter ini adalah sekumpulan informasi, tapi bukan sekadar deskripsi fisik. Karakter adalah persona, sedang persona adalah topeng; apa yang ditampilkan, berbeda dengan aslinya agar menjadi kejutan. Karakter adalah plot, plot adalah karakter karena karakter unik saja nggak cukup.

IMG-20160320-WA0035
Mandewi memoderatori sesi penokohan bersama Pringadi

Sambil menyimak, kami juga disuguhi camilan dari Kue Cubit Genit yang genit beneeerrr warna dan topingnya. Gemees!

a35cd984781ac1d421ea4c1b6417966d_1
genit, kaaann?

Dari bookshow ini juga, kami mendapat banyak ilmu mengenai editing. Kalimat pertama di setiap ceritamu yang sangat penting untuk benar-benar dipikirkan, kata Pring, juga tips untuk menembus penerbit major. Rasanya nggak cukup ditulis dalam satu blog post memang, kapan-kapan lagi, deh!
Sebelum sesi penokohan dan editing berakhir, Pringadi memberi wejangan *halah* untuk kami semua bahwa “Tidak ada karya yang buruk, yang ada hanya penulis yang buruk”.
Sebelum pulang, tentu ada oleh-oleh. Pouch dari Uluwala ini berisi buku-buku dari Linebookshop, yang bisa dibawa pulang. Sering-sering aja kali ya, bikin acara, biar isi rak buku nambah otomatis.

Uluwala[1]
pouch dari Uluwala berisi buku-buku dari LineBookshop
Terakhir, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang berpartisipasi dalam acara bookshow Hilangnya Maryam dan Perkara-Perkara lain. Sponsor, peserta, panitia, penulis yang hadir, juga penulis yang mendoakan dari jauh, terima kasih banyak.

Processed with VSCO with a6 preset

IMG-20160320-WA0030
bersama narasumber selepas acara
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s