Tuan Masa Depan

Kepada tuan masa depan,

Selamat menjalankan ibadahmu, Tuan. Aku tahu kamu juga sama denganku. Jika Tuan meminta pada Tuhan-mu, apakah yang Tuan minta? Karena aku meminta agar Tuan segera datang.

Jika Tuan sedang melamun, apa yang Tuan pikirkan? Karena aku memikirkan bagaimana rupa Tuan, bagaimana cara Tuan berjalan atau tersenyum.

Jika Tuan sedang bersedih, apa yang Tuan harapkan? Karena aku selalu berharap, Tuan ada bersamaku. Menjadi lembar putih yang siap kutuliskan apa saja, menjadi kanvas yang tak menolak kugambarai apa saja, Tuan memilih untuk diam dan mendengarkan.

Aku menyiapkan diri, Tuan pun pasti demikian. Tuan pasti tak pernah lupa mendoakanku, karena aku selalu menyelipkan Tuan di tiap daftar permintaanku yang banyak itu. Percepat langkahnya, dan jangan biarkan dia berbelok lagi.

Jangan diam saja, Tuan. Langkahku juga menuju ke arahmu, semakin cepat, hingga waktu malu bergulir tanpa izinku.

Langit hari ini mendung, Tuan mungkin sedang berteduh dari serangan hujan tiba-tiba, atau sedang memerhatikan kepulan asap tipis dari kopi Tuan yang baru saja dibuat. Aku di sini sedang mengulur waktu, menimbang pilihan yang satu dan satunya lagi. Sembari tetap memikirkan jarak Tuan denganku, apa masih sejauh itu?

Tuan masa depan, jika jantungmu berdetak tak beraturan, lihatlah sekeliling. Mungkin kita sedang berhadapan, saling membelakangi, atau mungkin aku akan menabrakmu dan menumpahkan kopi di kemejamu sesaat kemudian.

Kepada Tuan masa depan, aku menitipkan sedikit doa dan rindu melalui Tuhan-ku. Dia akan berbincang dengan Tuhan-mu—mungkin, lalu kuharap Tuhan-mu akan menyampaikan rinduku tepat di jantungmu, dan menyimpan doaku sebagai rahasia antar-Tuhan yang akan segera dikabulkan tanpa sepengetahuanmu. Jadi, lakukan hal yang sama, Tuan, agar perbincangan antar-Tuhan terus berlangsung, agar Tuhan-ku juga bisa meletakan rindumu—tepat di jantungku.

3/2/2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s