Liebster Blog Award 2014

20140109-060812Sebagai pencinta makanan sejati, maka kayaknya nggak salah kalau awalnya kebaca Lobster. Tapi karena ini membahas buku dan minat baca, gue juga akan nerusin apa yang udah ditulis para pendahulu seperti Mbak Yuska, Petronela Putri, Dwi, Bella, dan yang lain-lain. Harusnya gue jawab pertanyaan dari pelempar award, terus ngasih pertanyaan buat dilempar ke blogger lain. Tapi karena gue nggak kreatif dalam membuat pertanyaan selain “Makan apa, nih?” jadi gue bagian jawab aja, ya…

Ini adalah pertanyaan yang dilempar Petronela Putri.

1. Apa alasan kalian suka membaca?

Karena nggak ada kerjaan. Kalau ada kerjaan, nggak bisa nyambi baca dong. hehehe. Suka baca karena gue nggak suka keramaian, sering sendirian (di rumah atau kerjaan), pendiam; jadi nggak banyak ngomong dan lebih banyak diem. Daripada diem ngelamun terus kesambet setan, mending baca, kan?

2. Fiksi atau non fiksi? Why?

Fiksi. Karena Fiksi bisa diutak-atik.

3. Punya jam-jam khusus untuk membaca? Jika, ya, berapa jam sehari? Jika, tidak, kapan saja kalian meluangkan waktu untuk membaca?

Nggak ada waktu tertentu. Jam kerja gue makan waktu banyak, jadi gue baca di sela-sela kerja atau sebelum tidur. Weekend pun gue masih ribet sama kerjaan, jadi nggak ada waktu yang bener-bener luang buat baca.

4. Prefer online or offline shop untuk belanja buku? Why?

Offline. Kalau online lebih ke buku-buku yang susah dicari atau pas ada yang mau dititipin beli sekalian. Kalau offline, tinggal lompat aja ke toko buku. Kalau di toko buku, bisa sekalian berdiri di tengah jalan biar bisa ditabrak cowok cakep. Udah lah cakep, suka buku juga, kurang apa coba?

5. Genre favorite?

Gue ‘pemakan’ segala jenis genre, selama cara nulisnya cocok. Romance, thriller, sci-fi, fantasi, anything, as long as you love me…

6. Berapa budget yang kalian sediakan dalam sebulan untuk belanja buku? Kira-kira aja, sekedar survey.

Nggak ada budget. Kalau ada duit, gue beli. Kalau nggak ada, gue nggak maksa beli.

7. Apa rating orang di Goodreads/review memengaruhi keinginan kalian untuk membeli sebuah buku?

Iya. Apalagi review temen yang gue udah tau banget seleranya gimana, yang kalau bilang jelek ya jelek, bagus ya bagus. Kalau temen, biasanya udah 11-12 tipenya.

8. Cover buku apa yang sejauh ini paling kece?

Gue suka cover The Fault in Our Stars (nggak bisa posting gambar). Biru-biru gitu, terus cover Life Traveller-nya Windy Ariestanty. Ada daun maple-nya, sederhana tapi buat gue bagus banget.

9. Tokoh fiksi yang bikin jatuh cinta?

Yusuf-nya Aditya Mulya yang di Travellers’ Tale. Lucu banget. Terus, banyak sih, Bowen Goodnight-nya Nora Roberts di Blue Smoke. Dan lain-lain yang–mohon maaf–sudah terlupakan.

10. Buku apa saja yang tahun lalu menyesal kalian baca/tidak terselesaikan? mengapa?

Jangankan tahun lalu, disuruh nginget-inget kemaren sarapan pakai apa aja gue lupa. :)) nyesel sih nggak pernah. Ada yang nggak kelar dibaca, itu juga karena cara nulisnya yang nggak pas sama gue. Judulnya nggak usah di sebut-sebut, mending dzikir aja yuk! :))

Itu lah jawaban-jawaban dari pertanyaan yang gue terima. Nggak membantu, tapi paling enggak, gue nggak nyusahin. Nggak ngelempar pertanyaan karena temen gue sedikit, dan kayaknya udah pada kebagaian lemparan semua. Kalau ada yang mau nanya, boleh, tinggal mention aja atau tulis di kolom komentar.

Sebelum gue tutup, gue mau kasih kalian pengetahuan yang belum banyak orang tahu. Combro, adalah cemilan surga yang menggelinding ke bumi. Just, fyi.

Thanks for your questions, Petronela Putri.

-R-

2 thoughts on “Liebster Blog Award 2014

Leave a Reply

