A Will

Aku hanya meyakini, kalau aku tak akan pernah mau berhenti belajar. Aku hanya yakin, kalau ingin maju, kamu hanya perlu mencari tahu.

”When there’s a will, there is a way,” tertulis di lembaran buku tulisku kala masih duduk di bangku SD. Aku tak acuh. Di sekolah dasar aku belum diajari bahasa inggris. Saat masuk di sekolah menengah pertama-lah aku baru mengerti artinya, dengan membuka-buka kamus pertama yang kupunya.

Aku belum percaya sampai hari ini. Aku sudah melompat jauh dari sekolah dasar, bahkan kamus Inggris-Indonesia-ku sudah hilang entah ke mana. Aku baru memercayainya, bahwa di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

Aku percaya, selalu ada jalan untuk orang-orang yang mau mencari.

Meskipun mungkin masih terlalu pagi, tapi untukku tidak akan berdosa jika berharap. Aku menemukan jalan lain saat ini. Jalan panjang yang baru saja kujajaki selangkah. Jalan menuju tempat entah ke mana, namun kuyakini indah di ujung sana.

Kadang kala, ‘yakin’ adalah satu-satunya hal yang bisa membuatku terus berjalan meski dua kaki digelayuti banyak kemustahilan.

Aku yakin selalu ada maksud di balik semua pilihan yang Dia berikan. Sesuatu yang besar, dan yang paling besar: pelajaran.
Otak dalam kepalaku selalu mensugesti: ”Sekolah pasti ada akhirnya, tapi belajar adalah kegiatan seumur hidup.”

Kemauan untuk belajar. Belajar hal-hal baru, belajar mendengar masukan, belajar mencari tahu lagi, belajar untuk berani mencoba, juga belajar bertanya dan mengesampingkan ego. Sungguh bukan hal mudah, tapi belajar adalah tangga: kamu mungkin merangkak, kamu mungkin menapakinya dengan beban berat di kedua bahumu, kamu mungkin takut terpeleset dan jatuh… Namun semuanya setimpal. Ada timbal balik di setiap langkah yang kamu buat. Ada keringat yang tak mungkin bisa kaulupa berapa banyak dan kapan jatuh menghantam bumi.

Jadi, belajarlah…

Aku juga akan belajar lagi. Sekarang aku seperti orang bodoh yang tersesat dan sedang mencari jalan setapak untuk pulang. Aku akan makan apa saja selama perjalananku.

Aku tak akan berhenti.

Ini bukan tentang siapa-siapa yang beruntung… Ini tentang siapa-siapa yang mau mencari, dan belajar.

*) Inspired by you: thanks for your support, and i’ll do my best.

*kipas-kipas inbox email*

Leave a Reply

