Genggaman Tangan

Aku terbirit-birit mengikuti langkah kaki kecil anakku. Dia berlari begitu mendengar gemuruh air di pintu masuk Grojogan Sewu, sampai nyaris kehilangan jejaknya berkali-kali.

”Aku kejar dia.” Lalu pria itu mendahului langkahku dengan langkah panjang dan cepatnya. Aku bertumpu pada kedua lututku, mengatur napas serta mengumpulkan lagi tenaga yang sudah nyaris habis kupakai seharian ini. Membawa keluargaku dalam perjalanan bisnis ke luar kota tadinya adalah ide yang bagus. Sampai Ken—anak laki-lakiku yang berumur empat tahun, menagih janji. Sudah kepalang tanggung aku menjanjikannya jalan-jalan, lalu sampailah kami di sini, Grojogan Sewu, tujuan pertama kami.

”Mama! Sini,” panggil Ken. Celana jeans-nya sudah dilipat sampai setengah betis—dan tetap basah. Sepatu Ben-10 kesukaannya diletakkan di pinggir, bertumpuk dengan sepatu pria yang sedang menggenggam tangannya agar tidak tercebur. ”Airnya dingin. Ken boleh mandi di sini?”

Seketika aku menggeleng. Wajah tembem Ken, tampak kecewa lalu dia menatap pria di sampingnya.

”Oom, Ken boleh mandi di sini kan?” Tanyanya dengan nada memelas. Kupelototi pria ini, sekedar memberi tanda agar tidak mengizinkannya.

Pria ini merogoh kantung celana jeans hitamnya, dan mengeluarkan benda kecil dan mengilap. ”Say i do,” bilangnya sambil menatap mataku.

”Kamu menggunakan anakku sebagai senjata. Bukan seperti ini cara melamar seseorang, Arya.” Bukan. Anakku bukan senjata, dia sengaja memakai cara ini agar terlihat lucu di mataku. Entah, tapi mungkin belum saatnya aku menerima pinangannya.

”Just say i do… Aku akan memberimu waktu untuk berlatih mencintaiku…”

*Ditulis untuk #15HariNgeblogFF2

Leave a Reply

